KOIN BERKAH

KOIN BERKAH

Kali ini saya akan mengeluarkan salah satu ide atau mimpi yang akan saya buat ke depannya. Saya ingin membuat program yang dinamakan KOIN BERKAH (Komunitas Indonesia Berbagi dan Berkarya). Insiprasi tersebut saya peroleh ketika berada di rumah. Jadi rencanaya saya ingin membuat komunitas yang akan mengumpulkan donasi untuk meningkatkan pendidikan. Saya akan meminta kesediaan dari teman dan keluarga untuk mengumpulkan uang koinnya di sebuah celengan. Kedepannya celengan tersebut akan digunakan membiayai program sosial seperti pengadaan alat tulis menulis di sekolah yang kurang atau tidak mampu.

Rencana awalnya saya akan memesan celengan dengan dihiasi label yang bergambar kondisi pendidikan di daerah terpencil. Tak lupa saya akan mencatumkan nama komunitas, "KOIN BERKAH". Celengan tersebut akan saya sebar di teman dan kerabat terdekat. Saya akan meminta bantuan teman-teman untuk membantu. Mungkin kecil yang akan diperoleh untuk setiap celengan karena akan diisi dengan koin. Tapi meskipun kecil, tapi kalau banyak yang mau berpartisipasi pasti akan memberikan hasil yang besar pula. Kalau diperkirakan, setiap celengan bisa berisi antara 70- 80 ribu per celengan dan rencananya akan dikuras dua bulan sekali.

Lahirnya ide itu karena melihat banyak komunitas yang membuat program untuk masyarakat kecil tapi terkendala di dana. Terkadang mereka membutuhkan dana untuk suatu program tapi tidak bisa memperoleh dana secara langsung. Tak bisa dipungkiri banyak orang yang ingin membantu tapi mereka tidak mampu membantu dana besar secara langsung. Oleh karena itu, saya berinisiatif bagaimana masyarakat yang memiliki kelebihan atau merasa dirinya bisa memberi dapat berpartisipasi sedikit demi sedikit. Saya berpikir bagaimana kalau uang koin yang biasanya berhamburan di rumah mereka dapat menjadi berkah. Bahkan saya menemukan ada uang koin yang berhamburan di pekarangan rumah karena menganggap itu tidak memiliki nilai saat ini. Oleh karena itu, saya berpikir bahwa itu tidak akan memberatkan apabila dikumpulkan untuk memberikan manfaat bagi yang lain.

Selain dapat memberi berkah bagi donatur, cara itu bisa menumbuhkan rasa empati dari anak. Jadi nanti akan dijelaskan ke anak agar mau menyisihkan uangnya untuk di sumbangkan di celengan Koin Berkah. Awalnya mereka bertanya-tanya untuk apa itu, tapi itu menjadi semua kebiasaan ketika anak mampu dijelaskan dengan baik mengenai pentingnya tolong satu sama lain. Apalagi kalau si Anak bisa ikut terlibat pada saat penyaluran donasi tersebut. Mereka bisa melihat secara langsung keadaan memprihatinkan di sekitarnya.

Semoga dalam beberapa bulan ini, saya mampu memulai merealisasikan rencan tersebut. Atau paling tidak yang membaca tulisan saya ini, bisa tergerak hatinya untuk mewujudkannya. Saya tidak akan menjadi bermasalah siapa yang akan menjalankan. Terpenting adalah mimpi ini bisa terajut dengan baik dan memberikan manfaat bagi banyak orang.
Demi masa depan yang cerah.

Kampung Inggris- Pare, 30 Agustus 2016

Sumber Gambar: http://tango.image-static.hipwee.com/wp-content/uploads/2015/05/5f3aab3a8cb569ea9a4228821069d76c1.jpg

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KOIN BERKAH"

Post a Comment